Memilih Sari Cuka Apel yang Berkualitas

Memilih Sari Cuka Apel yang Berkualitas

Memilih Sari Cuka Apel yang Berkualitas

Selain berfungsi sebagai salah satu bumbu masakan, sari cuka apel juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit serta mampu merawat kesehatan kulit Anda.

Beberapa waktu belakangan ini, sari cuka apel sedang “naik daun” di Indonesia. Berbagai merk sari cuka apel di jual baik di toko luring maupun toko daring. Namun ternyata tidak semua sari cuka apel yang dijual di pasaran adalah produk yang berkualitas. Sebaiknya Anda tidak tergiur dengan harga yang murah, dan juga tidak tertipu dengan harga yang mahal.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum akhirnya membeli sari cuka apel, antara lain sebagai berikut:

  1. Perhatikan kemasannya

Sebelum Anda membeli sari cuka apel, sebaiknya Anda memeriksa kemasan yang digunakan untuk mengemas sari cuka apel tersebut. Perhatikan dan tanyakan apakah dikemas dalam botol plastik atau botol kaca?

Sebaiknya Anda memilih sari cuka apel yang dikemas dalam botol kaca. Sebab botol kaca cenderung tidak bereaksi dengan zat yang ada di dalamnya. Sari cuka apel memiliki sifat asam yang sangat kuat sehingga cenderung mudah bereaksi dengan bahan lain terutama bahan plastik. Sehingga jika dikemas dalam wadah plastik, maka kualitas sari cuka apel akan menurun.

  1. Perhatikan warnanya. Apakah nampak jernih atau keruh?

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli sari cuka apel adalah apakah penampilannya nampak jernih atau keruh.

Orang awam mungkin menganggap sari cuka apel yang terlihat jernih berarti lebih berkualitas. Namun ternyata tidaklah demikian. Sebab sari cuka apel yang lebih baik adalah yang nampak keruh. Mengapa? Hal ini karena tampilan keruh pada sari cuka apel menunjukkan banyaknya kandungan bakteri baik di dalamnya. Bakteri baik pada sari cuka apel dapat berkhasiat untuk menyehatkan saluran pencernaan Anda.

  1. Perhatikan label pada kemasannya

Saat membeli suatu produk, sebaiknya Anda terbiasa membaca dan mengamati kemasannya terlebih dahulu, begitupun halnya saat memilih sari cuka apel. Untuk memilih sari cuka apel yang berkualitas sebaiknya Anda tidak membeli yang mencantumkan keterangan “mengandung rasa apel” atau “berperisa apel”.

Mengapa? Karena hal itu berarti cuka apel tersebut berasal dari sari jus apel bukan dari sari buah apel asli. Selain itu ada penambahan perisa apel yang pada produk tersebut. Produk cuka apel ini tentu memiliki kualitas yang rendah dan tidak berkhasiat bagi kesehatan tubuh Anda.

 

  1. Perhatikan lokasi pembuatannya

Pada kemasan sari cuka apel akan selalu mencantumkan lokasi pembuatannya. Biasanya akan tertulis “Dibuat di…” atau “Manufacture by…”

Sebaiknya Anda tidak membeli sari cuka apel yang dibuat di Cina atau Tiongkok karena kualitasnya cenderung lebih rendah. Lebih baik Anda memilih sari cuka apel yang dibuat di Amerika atau Eropa.

  1. Pilihlah sari cuka apel organik

Sari cuka apel organik memiliki kualitas yang lebih baik karena dibuat dengan menggunakan buah apel asli dan tidak mencampurkan banyak bahan kimia di dalamnya. Proses fermentasi pun dilakukan secara alami. Hal ini tentu akan lebih baik bagi kesehatan Anda. Produk sari cuka apel organik yang berkualitas biasanya memiliki sertifikasi non-gmo (non-genetically modified organisms) yang tertera pada kemasannya.

  1. Perhatikan tanggal kadaluarsanya

Kiat terakhir yang sangat penting adalah perhatikan tanggal daluarsa atau expired date dari sari cuka apel. Meskipun sari cuka apel dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Namun sebaiknya Anda menggunakan sari cuka apel yang “usianya” tidak lebih dari lima tahun.

Category : kesehatan Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *