Panduan Makanan Sehat Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun

Panduan Makanan Sehat Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun

Makanan Sehat
Makanan Sehat Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun

Panduan Makanan Sehat Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun

Wajahindonesia.net – Memberikan makanan untuk bayi penting untuk disesuaikan dengan usianya agar masa perkembangannya dapat optimal. Menjadi orang tua, anda tentu ingin melihat perkembangan si kecil secara optimal bukan ? Nah, maka dari itu, sesuaikan konsumsi makanan sehat untuknya sesuai dengan usia. Perlu diperhatikan bahwa jangan memberikan makanan padat sebelum bayi menginjak usia 6 bulan. Kemudian saat ia sudah memasuki masa perkembangan di usia 6 bulan, maka penting untuk anda variasikan konsumsi makanan sehatnya sehari-hari agar berbagai nutrisi yang berbeda-beda bisa didapatkan oleh si kecil. Pemberian variasi makanan saat bayi sudah berusia 6 bulan keatas hingga 1 tahun juga dapat meminimalisir masalah bayi yang sulit makan. Karena sulit makan yang dialami bayi bisa jadi salah satu faktornya adalah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Nah berikut ini ada panduan makanan sehat untuk bayi di usia 0 hingga 12 bulan.

  1. A. 0-6 bulan
    Makanan sehat untuk bayi baru lahir sampai dengan usianya 6 bulan adalah ASI Eksklusif. Pemberian ASI Eksklusif di 6 bulan pertama kelahiran bayi akan menjaminnya untuk menerima semua nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Ibu tak perlu tergoda untuk memberikan makanan tambahan selain ASI Eksklusif saat si kecil belum berusia 6 bulan. Baru setelah usianya memasuki 6 bulan, ibu bisa memberikan makanan tambahan pendamping ASI.
  2. B. 6-8 bulan
    Pada usia ini, makanan sehat untuk bayi adalah beberapa makanan yang lebih padat daripada ASI. Seperti bubur buah yang contohnya bubur pisang, bubur pear, atau bubur alpukat. Selain itu, bubur sayuran pun dianjurkan seperti bubur wortel, bubur kentang, bubur bayam. Cara pembuatannya anda bisa memilih dengan cara dikukus, direbus, dipanggang dan menghaluskannya dengan diblender. Tambahkan cairan untuk pelarut. Bisa ASI, bisa air mineral ataupun susu formula yang terbaik.
  3. C. 8-10 bulan
    Saat bayi sudah menginjak usia 8 hingga 10 bulan, ibu bisa memberikan makanan yang bertekstur lebih padat lagi berupa sayur, buah, ataupun produk susu. Bisa juga dengan pemberian daging maupun hati untuk memenuhi asupan zat besi dan juga protein yang seimbang. Produk susu seperti keju dapat jadi salah satu sumber kalsium untuk si kecil di usia ini.
  4. D. 10-12 bulan
    Menginjak usia hampir satu tahun, bayi sudah hampir bisa untuk menerima berbagai jenis makanan padat. Anda dapat memberikan buah dan sayur, kemudian telur, kacang-kacangan, juga daging. Apabila pada usia ini si kecil sudah tumbuh giginya, tak masalah anda memberikan makanan yang lebih padat, asalkan tetap awasi ketika si kecil makan. Jauh lebih baik potonglah makanan menjadi bagian yang kecil agar bayi anda pun dapat memakannya dengan baik. Sebelum bayi melwati usia 12 bulan, anda tidak disarankan untuk memberikan madu untuknya karena cukup berbahaya untuk kesehatan si kecil.

Baca juga: Badan Lebih Gemuk Ternyata Juga Bisa Karena Obat

Category : kesehatan Tags : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *