Beberapa Alasan Kenapa Ibu Hamil Perlu Mendapatkan Induksi Persalinan

Beberapa Alasan Kenapa Ibu Hamil Perlu Mendapatkan Induksi Persalinan

Beberapa Alasan Kenapa Ibu Hamil Perlu Mendapatkan Induksi Persalinan

Bayi di dalam kandungan ibu dikatakan sudah siap lahir apabila usia kehamilan ibu sudah melewati 37 minggu. Pada usia tersebut, organ-oragan tubuh bayi sudah berkembang dengan matang sehingga sudah siap untuk dilahirkan. Ibu tingggal menantikan tanda-tanda persalinan sudah dekat untuk kemudian menyambut kelahiran si kecil dengan kebahagiaan pastinya.

Ketika kehamilan ibu sudah berusia 37 tahun, penting memang untuk ibu semakin memahami seperti apa tanda-tanda bahwa ibu akan segera melahirkan si kecil. Apalagi jika mom sudah mengetahui seberapa besar manfaat asi eksklusif bagi ibu dan bayi.

SGM dapat jadi tempat untuk ibu menggali banyak informasi terkait kehamilan ibu sampai dengan langkah terbaik dalam memberikan perawatan pada sang buah hati tercinta.

Beberapa Alasan Kenapa Ibu Hamil Perlu Mendapatkan Induksi Persalinan

Nah, yang menjadi permasalahan adalah, bagaimana apabila usia kehamilan ibu sudah cukup mulan untuk tiba waktunya persalinan, akan tetapi tanda-tanda persalinan sudah dekat tidak juga muncul ?

Sebagian ibu hamil mungkin khawatir ketika kehamilan sudah melewati 37 minggu akan tetapi tidak juga menjumpai tanda kalau persalinan sudah dekat. Ibu sebetulnya tidak perlu khawatir secara berlebih apabila di usia kehamilan 37 minggu belum mendapati tanda persalinan sudah dekat.

Selama kehamilan belum lebih dari usia 40 minggu, ini masih wajar. Karena normalnya ibu akan melahirkan bayi di usia kehamilan 37 sampai dengan 40 minggu. Berbeda halnya jika lebih dari 42 minggu, ini perlu menjadi kewaspadaan.

Melebihi usia kehamilan 40 minggu dan ibu tidak juga kunjung menjumpai tanda-tanda persalinan sudah dekat, ibu penting untuk memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter.

Dalam kondisi tertentu dokter akan lebih menyarankan untuk melakukan induksi agar ibu segera melahirkan bayi sehingga bisa terhindar dari resiko yang lebih membahayakan. Induksi sendiri dilakukan dengan cara memberikan oksitosin lewat infus intravena di lengan ataupun punggung tangan ibu dan itu diberiKan secara bertahap oleh dokter ke ibu sembari dokter memantau terus kondisi kesehatan kehamilan ibu.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa ibu hamil perlu sampai dilakukan induksi. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut :

Usia kehamilan di atas sudah melebihi 40 minggu dan tidak juga kunjung mendapati adanya tanda-tanda persalinan sudah dekat. Bayi yang lahir lebih dari 42 minggu punya resiko yang besar mengalami masalah keracunan air ketuban. Sehingga dokter biasanya lebih menyarankan untuk dilakukan induksi apabila sudah 40 minggu usia kehamilan ibu tidak juga melahirkan bayi supaya tidak sampai usia kehamilan menginjak 42 minggu yang sangat beresiko.

Ketuban pecah tapi tidak disertai dengan adanya kontraksi. Pecahnya ketuban dapat menaikkan resiko bayi keracunan air ketuban jika bayi tidak segera dilahirkan. Kondisi pecahnya ketuban akan tetapi tidak dibarengi dengan adanya kontraksi sebagai tanda ibu akan segera melahirkan bayi, hal ini membuat ibu disarankan untuk melakukan induksi agar persalinan segera tiba.

Adanya komplikasi kehamilan. Komplikasi kehamilan seperti contohnya adalah ibu mengalami diabetes gestasuonal dan preeklampsia juga dapat menjadi alasan mengapa ibu perlu melakukan induksi persalinan.

Category : kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *